Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Hardisk

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Hardisk

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Hardisk

Kelebihan Hardisk – Seorang pengguna komputer sudah tidak asing lagi dengan istilah hardisk. Hardisk ini berupa barang yang digunakan untuk menyimpan suatu file. Muatan hardisk ini lebih besar daripada menggunakan flashdisk. Perangkat keras satu ini memang sangat berperan penting untuk suatu komputer, tanpa adanya hardisk komputer tidak akan menjadi komputer seperti yang sekarang ini. Fungsi flashdisk yang utama adalah untuk menyimpan sebuah data atau file. Namun, jika sebuah komputer terlalu banyak menyimpan data atau file maka hal tersebut juga akan mempengaruhi kinerja sebuah komputer. Berikut kelebihan dan kekurangan menggunakan hardisk.

Terlepas dari itu, dalam dunia komputer sendiri rasanya dikenal dua jenis Hardisk yang yakni adalah;

  1. Hardisk Internal
  2. Hardisk Eksternal

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun kedua hardisk tersebut dapat sama-sama digunakan untuk membantu kinerja komputer anda.

Dan, inilah kelebihan dan kekurangan hardisk internal dan eksternal untuk komputer.

  • Hardisk Internal

Hardisk Internal adalah sebuah perangkat penyimpanan sekaligus juga digunakan untuk pengambilan data digital dengan cepat menggunakan cakram yang berputar. Hardisk Internal akan menyimpan suatu data secara permanen, sekalipun komputer atau laptop tersebut dimatikan.

Kelebihan Hardisk Internal

  1. Harganya cenderung murah, pasalnya hardisk internal sudah menyatu dengan komputer atau laptop saat pertama kali pembelian.
  2. Lebih cepat mengolah data jika dibandingkan dengan hardisk eksternal
  3. Tidak mudah rusak
  4. Lebih tahan terhadap virus atau malware

Kekurangan Hardisk Internal

  1. Tidak dapat dibawa kemana-mana, sebab, hardisk internal harus tetap menyatu dengan komputer maupun laptop
  2. Kapasitasnya cenderung kecil jika dibandingkan dengan hardisk eksternal
  • Hardisk Eksternal

Hardisk eksternal adalah media penyimpanan portable yang cenderung memiliki kapasitas besar dibandingkan dengan hardisk internal. Selain itu, hardisk eksternal juga dapat digunakan kapan saja dengan mudah, cukup dengan menghubungkan kabel USB pada PC atau laptop, maka hardisk eksternal sudah dapat diakses.

Sama halnya dengan hardisk internal, perangkat yang satu ini juga bisa menyimpan berbagai macam file seperti dokumen, gambar, musik, maupun video.

Kebanyakan orang menggunakan hardisk eksternal agar bisa membantu pekerjaan mereka yang sangat padat dan dengan mobilitas yang tinggi. Namun, jika menggunakan hardisk eksternal dengan sembarangan, maka hal itu sangat rentan sekali dengan yang namanya virus. Bahkan, tanpa disadari, hardisk eksternal bisa saja terformat dengan sendirinya. Tentu saja hal tersebut pastinya akan menghilangkan seluruh file yang ada di dalam hardisk eksternal, termasuk juga tugas-tugas maupun pekerjaan anda.

Maka demikian, gunakan dengan baik hardisk eksternal anda. Dan jangan lupa scan dengan antivirus setelah selesai menggunakan hardisk tersebut.

Kelebihan Hardisk Eksternal

  1. Dapat dibawa kemana-mana dan dapat digunakan dengan praktis
  2. Kapasitasnya cenderung besar, sehingga dapat digunakan untuk menyimpan jenis file apapun

Kekurangan Hardisk Eksternal

  1. Harga relatif lebih mahal
  2. Sangat rentan terhadap virus
  3. Lebih mudah rusak
  4. Lebih cepat panas
  5. Lebih lambat mengelola data dibandingkan dengan hardisk internal
JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat