Kekuatan Marketing di Media Sosial

Hasil gambar untuk marketing sosial

Fenomena nongkrong saat ini menjadi begitu trend. Nongkrong biasanya dilakukan di angkringan, cafe ataupun kedai kedai yang lagi booming di Indonesia. Nongkrong seakan sudah menjadi gaya hidup atau bisa jadi sebuah kebutuhan. Kata anak muda jaman sekarang,biar nampak kekinian. Namun tidak sedikit saat nongkrong dan kumpul masing masing orang masih tetep mantengin handphone sibuk bersosialita di dunia online. Mengambil foto, upload foto, menulis testimony bahkan hanya sekedar check in. Ini baru namanya kekinian guys.

Melihat trend masyarakat yang menjadikan media sosial konsumsi wajib sehari hari. Disini kita akan membahas bagaimana media sosial dapat menjadi kekuatan dalam dunia marketing. Kita fokuskan pada potensi media sosial dan marketing. MEDIA SOSIAL DAN MARKETING. Sebagai pemilik usaha wajib mengetahui dan mempraktekan strategi berikut demi mendongkrak keberlanjutan usaha anda dalam pemasaran.

Konsistenlah!

Jika anda adalah pelaku bisnis baru, dimana usaha anda baru berjalan beberapa waktu, dengan media sosial yang anda miliki tetaplah konsisten. Jika anda telah memutuskan untuk aktifkan strategi pemasaran dengan media online, tetaplah aktif. Pasang status secara berkala berkait dengan usaha anda. Jawab komentar komentar yang masuk, balas pesan masuk dan rajin rajin memantau perkembangan sosial media usaha anda.

Tentukan Target

Dalam usaha tentu harus ditentukan target atau sasaran yang dituju, baik target pengunjung, fans, target penjualan atau target jumlah followers. Dari target sasaran yang jelas maka anda akan mampu membentuk pola untuk jenis konten yang pas, dengan waktu publikasi yang tepat.

Perencanaan dan Tujuan

Menjalankan pemasaran dengan media sosial tentu anda harus kaya ide dan inovasi. Buatlah perencanaan untuk konten konten yang akan dipublikasikan, hari pertama, hari kedua, akhir pekan dan hari lainnya. Sesuaikan selera/ trend yang sedang in di masyarakat. Pemberian diskon, harga khusus dan promo perlu dimasukan dalam daftra perencanaan pemasaran anda. Strategi pemasaran ini dapat anda sebar lewat update rutin pada media sosial.

Akun Khusus

Dalam memasarkan produk/ jasa usaha anda, pergunakanlah akun khusus dengan nama usaha anda. Jangan dicampur dengan aku pribadi. Aku pribadi pun bisa melakukan promosi dengan melakukan share. Setiap publikasi terkait usaha anda, pergunakanlah akun khusus perusahaan. Tampilkan profesionalitas pada akun anda seperti menyertakan alamat yang jelas, kontak person, website dan deskripsi dari usaha yang anda promosikan lewat akun tersebut.

Jangan Sampe Followers Bosan

Menjejali informasi penjualan saja setiap hari bisa jadi membuat followers anda bosan dan meninggalkan anda. Sesekali selingilah publikasi anda dengan artikel menarik, tips bermanfaat yang memberi solusi pada masalah sehari hari, namun jangan melenceng jauh dari produk/ jasa yang anda pasarkan. Untuk menghindari kebosanan pengunjung buatlah publikasi yang inovatif. Padukan antara gambar, video, ilustrasi yang membuat pengunjung betah.

Komunikasi 2 Arah dan Follow up

Dalam media sosial harus terjadi komunikasi dua arah. Jika ada komentar ataupun pesan dari pengunjung balaslah dengan sopan. Jikapun anda menerima komplain dan hujatan tetaplah profesional dalam menggunakan akun usaha anda. Jangan membangun citra buruk karena terpancing oleh emosi sesaat. Memberi respon yang baik adalah salah satu perhatian dan komunikasi baik anda kepada masyarakat.

Bentuk Tim dan Beriklan

Kegiatan marketing dengan media sosial akan terarah dan terfokus jika memiliki tim khusus yang melakukannya. Jika anda bisa melakukan dengan sendiri lebih bagus, asal tetap konsisten. Jangan membangun citra buruk dengan pelayanan yang tidak berkelanjutan. Jika anda memiliki dana khusus untuk marketing, gunakan untuk kegiatan beriklan. Bisa manfaatkan facebook ads untuk menyasar target anda.

Evaluasi

Tahap evaluasi harus rutin dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan pemasaran anda. Kaji beberapa hal yang masih kurang kemudian tingkatkan, atau jika ada aktivitas yang tidak penting dalam pemasaran bisa dihilangkan. Tahap evaluasi sangat baik jika melibatkan banyak orang sehingga berbagai masukan dapat dijadikan pertimbangan.

Media sosial yang merupakan konsumsi wajib masyarakat telah mampu menjadi media marketing yang potensial. Ingat lakukan langkah langkah yang harus diingat agar media sosial dapat menjadi kekuatan marketing dalam usaha anda. Jangan pernah takut untuk mencoba dan berusaha, takutlah jika anda menjadi menyesal karena tidak melakukan apa apa.


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat