Inilah Alasan Mengapa Blog Sepi Pengunjung

Inilah Alasan Mengapa Blog Sepi Pengunjung

Seiring tingginya tingak persaingan di Internet, tak pelak peran content marketing akan semakin penting. Content Marketing kian meningkat semakin tajam dan tidak menunjukkan adanya tanda – tanda penurunan. Hampir tiap bulannya bermuncul nama nama baru dalam berbagai bidang, baik industri pendidikan berasis digital, hiburan, kesehatan, e-commerce hingga produksi video webseries.

Inilah 8 Alasan Blog Sepi Pengunjung

Untuk memastikan apa saja yang sudah Anda lakukan berkenaan dengan SEO pada blog Anda mari kita lihat beberapa poin berikut ini. Meskipun artikel ini tidak ditujukan untuk membahas tentang hal-hal teknis, namun sudah cukup bagi kita untuk mengetahui beberapa alasan mengapa sebuah blog sepi pengunjung.

1. Blog Anda Masih Baru

Kehadiran sebuah blog baru belum begitu banyak yang tau. Sudah pasti sepi pengunjung. Namun hal ini bukan suatu masalah berarti karena Anda masih dapat mempromosikan blog secara bertahap. Dibutuhkan kesabaran dan keuletan untuk mendapatkan audiens serta menaikkan hits blog. Namun blog baru akan menjadi masalah besar bagi Anda jika tujuan utama blogging Anda salah. Ngeblog tidak hanya sekedar meraih uang di internet, tapi lebih dari itu sebuah blog harus mampu mempersembahkan yang terbaik untuk pembaca.

2. Anda Blogging Untuk Diri Sendiri

Blogging tidak semata hanya untuk menghasilkan uang. Tujuan blog bisnis bukan untuk mengiklankan katalog produk. Sebuah blog bisnis yang baik memiliki nilai berarti untuk dipersembahkan kepada pengguna. Artinya konten dan topik blog harus dirancang sedemikian rupa agar dapat menarik dan mendapatkan pelanggan serta mempertahankan pembaca. Jika blogging Anda tentang diri sendiri, prestasi, keluarga atau katalog produk maka berhentilah. Fokuslah pada mencari tahu apa yang berarti bagi pengguna, hal ini penting untuk menghasilkan materi blog berikutnya yang lebih relevan.

Kita mulai dengan konten. Konten memiliki kekuatan besar untuk menarik pembaca agar kembali mengunjungi blog kita dan dapat menaikkan brand dalam jangka waktu relatif lama. Sebuah blog dengan konten tidak berkualitas namun memiliki kekuatan SEO yang luar biasa dapat saja menarik pengunjung dan meningkatkan hits yang luar biasa pula. Namun hal ini biasanya hanya berlangsung sebentar saja.

3. Konten Blog Anda Tidak Dicari Orang

Kunci blogging adalah untuk pembaca yang Anda inginkan bukan untuk dibaca sendiri. Ini berarti bahwa memahami basis pelanggan blog adalah penting untuk merangsang pertumbuhan blog di masa depan. Blog harus memiliki beberapa nilai agar menarik para pembaca: memiliki manfaat praktis, menyajikan solusi, mengedukasi, detail, menghibur dan mengandung kebaruan informasi. Dimulai dengan menciptakan basis pelanggan yang mengartikulasikan kepentingan dan keperibadian mereka. Sering melakukan diskusi-diskusi dalam komunitas baik di forum-forum maupun melalui chatting dengan calon pelanggan atau pengunjung dari berbagai jenis dan kateristik untuk mengidentifikasi kepribadian mereka. Hal ini dapat Anda gunakan sebagai acuan untuk pembuatan konten berikutnya. Melakukan hal-hal semacam ini akan membuat Anda selaras dengan target audiens dan sangat membantu untuk pembuatan konten di masa akan datang.

4. Artikel Membosankan

Poin ini kedengarannya tidak sedap memang. Saya gak tau apakah tulisan ini menarik atau membosankan. Andalah yang menilai. Tapi setidaknya akan dapat dijadikan bahan untuk evaluasi. Tapi kadang-kadang memang menulis untuk blog bisnis sangat sulit dan membosankan bagi pembaca. Jika punya budget untuk menyewa penulis pastikan Anda membaca dan menelaahnya dengan seksama, pastikan tulisannya menarik untuk dibaca. Jika memutuskan untuk menulis sendiri, pastikan untuk mempertimbangkan beberapa aturan penulisan dasar pada bahasa khususnya grammar, ejaan dan kejelasan penulisan.

Dengan memahami dasar-dasar penulisan, blog Anda dapat menyalip trafik dengan cepat. Namun penting diperhatikan bahwa menulis artikel tidak hanya tentang tata bahasa, namun topik yang dipilih juga harus menarik sesuai dengan isu yang berkembang.

Pilih topik dengan headline eye-catching dan buat tulisan semenarik mungkin. Jika menerjemahkan tulisan dari bahasa Inggris, hindari penggunaan robot untuk menulis (google translate misalnya). Menulislah seperti halnya Anda berbicara sehari-hari agar tulisan terlihat akrab dengan pembaca.

5. Konten Tidak Relevan

Blogging tidak hanya tentang topik menarik, untuk menarik perhatian pengguna topik harus memiliki relevansi dengan isu-isu terkini. Untuk poin yang satu ini Anda harus selalu pasang telinga dan mata. Pantau terus setiap perkembangan, mulai dari trend industri, acara, berita hingga ke perkembangan budaya. Kunjungi blog-blog lain yang relevan serta memiliki otoritas dan peringkat di mesin pencari. Sisipkan komentar disertai kata-kunci yang sedang ngetrend saat ini. Hal ini dapat meningkatkan tidak hanya lalu-lintas organik namun persepsi pembaca tentang blog Anda.

6. Jarang Posting dan Jadwal Penerbitan Artikel Tidak Teratur

Membuat konten berkualitas hanyalah permulaan. Masih banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan karena memainkan peran penting dalam usaha-usaha meningkatkan lalu-lintas situs. Untuk pemula dianjurkan membuat jadwal khusus untuk menerbitkan artikel lalu jalankan dengan penuh konsisten.

Menerbitkan artikel tidak cukup hanya dengan membuat artikel lalu melayangkannya ke udara lalu percaya bahwa artikel tersebut akan melekat di setiap benak pembaca. Kemudian mereka akan kembali berkunjung untuk membaca artikel Anda.

Pengguna internet membutuhkan pengingat agar mereka sadar bahwa Anda ada di dunia maya. Dan dengan membuat jadwal publikasi akan membantu mereka untuk mengingat Anda.

7. Blog Anda Tidak Tersebar

Menyebarkan berita tidak sepenuhnya tugas Anda, meskipun Anda bertanggung jawab penuh atas beban pekerjaan.

Meletakkan tombol berbagi di bawah setiap postingan adalah ide yang amat baik agar konten Anda mudah disebarkan oleh pembaca. Hal ini sangat membantu untuk meningkatkan lalu-lintas blog.
Faktor-faktor lain yang patut diperhatikan adalah: foto; foto dianggap lebih mungkin untuk menarik minat pembaca berbagi.

Ke dua contoh di atas dapat membantu agar konten Anda mudah tersebar. Letakkan tombol berbagi ke media-media sosial seperti facebook, Google Plus dan Twitter, agar pembaca mudah membaginkan konten blog Anda.

8. Konten Blog Tidak Dioptimasi Untuk Mesin Pencari.

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, blogging tergantung pada lalu lintas organik dari kata kunci. Jika blog Anda tidak dioptimalkan untuk mesin pencari, maka lalu lintas organik akan lebih sulit diperoleh.

Jumlah artikel sangat penting bagi mesin pencari, karena setiap Anda mempublikasin artikel baru maka halaman-halaman lain juga akan ikut diindeks.

Bahkan dalam sebuah penelitian menunjukkan rata-rata perusahaan akan melihat pertumbuhan traffic hingga 45% ketika menambah jumlah artikel blog dari 11-20 artikel menjadi 21-50 artikel. Hal disebabkan karena seiring dengan peningkatakan jumlah artikel, maka kata kunci yang relevan dan topik termasuk di dalamnya kata kunci pada setiap halaman blog Anda juga bertambah. Kombinasi yang baik antar kata kunci dan jumlah artikel dapat meningkatkan pengindeksan pencarian yang akan mengarahkan lalu lintas blog Anda dari waktu ke waktu.


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat