Hal yang dibutuhkan untuk membuat website

Hal yang dibutuhkan untuk membuat website

Hasil gambar untuk website

 

 

Membuat website tidaklah susah jika tahu dan paham prosedurnya. Bagi para pelaku bisnis online, website menjadi media yang penting untuk mengembangkan usaha. Tidak bisa dipungkiri kebutuhan akan website semakin hari semakin tinggi. Website adalah identitas suatu bisnis di dunia global. Bagi anda yang saat ini ingin membuat website sendiri, ketahuilah hal hal dasar yang harus anda miliki terlebih dahulu.

1. Memiliki konsep

Membuat website tanpa konsep akan menyusahkan anda dalam manajemen kerja. Usahakan buat konsep terlebih dahulu. Website yang seperti apa yang anda ingin buat. Buatlah pada selembar kertas design awal website yang akan dibangun. Dimana letak menu, apa saja yang akan ditampilkan pada menu, dimana logo diletakan, letak sidebar dikanan atau dikiri dan lain sebagainya. Buatlah daftar hal hal apa yang akan ditampilkan pada halaman depan, sehingga nanti gampang menata dan dipastikan tidak ada yang terlupa.

2. Mempunyai keterampilan dalam membuat website

Membuat website tidak susah asal anda mau belajar dan praktek. Banyak sekali referensi di internet yang dapat dijadikan panduan belajar. Walaupun anda tidak pernah belajar khusus bahasa html atau pemrograman web lainnya, anda tetap bisa membuat website mandiri. Alternatif dari kami anda bisa gunakan CMS sebagai platform website. Beberapa platform yang populer dan mudah dalam penggunaanya diantarnya wordpress, prestashop, magento, joomla, drupal dan lainnya. Rekomendasi kami, jika anda pertama kali belajar membuat website bisa mencoba platform wordpress.

Mengapa wordpress? Karena cms wordpress gampang dalam manajemen. Bagi orang yang awam sekalipun akan dapat dengan mudah paham bagaimana cms wordpress bekerja. Selain itu cms wordpress juga mendukung banyak fitur untuk website bisnis.

3. Memiliki domain name

Domain name adalah nama yang nanti akan dijadikan alamat url sebuah website. Tentukanlah nama yang sesuai untuk website anda. Tidak terlalu panjang namun mengandung gambaran dari website anda. Pilih extensi domain yang tepat mengacu pada topik web anda. Bisa gunakan .com .org .info .net .biz .cc  .co.id .or.id .tv .ac.id .gov. Jika membangun website dengan tujuan komersil atau bisnis bisa gunakan .com maupun .info. Jika usaha bergerak dalam bidang jaringan/ networking dan internet bisa pergunakan .net.

Domain name adalah nama alamat dari sebuah website. Inilah identitas yang akan dikenal oleh dunia global. Untuk membeli domain name cukup mudah di Indonesia.Banyak penawaran domain murah yang bisa dimanfaatkan. Lebihnya lagi berbagai perusahaan penyedia domain telah support pembayaran dengan bank lokal.

4. Memiliki hosting

Hosting adalah tempat dimana file, data, video, gambar akan diupload dan disimpan. Dalam dunia nyata ini adalah tokonya. Tempat melakukan segala kegiatan bisnis. Untuk kapasitas sewa hosting berbeda beda, mulai dari 200MB sampai yang unlimited. Jika anda merencanakan sebuah website dengan performa terbaik, bisa membeli hosting unlimited. Ini bertujuan untuk menghindari website down. Jika website anda menyimpan data besar dengan traffic tinggi, saran kami gunakan unlimitted space hosting.

5. Memiliki thema

Tema website sangat menentukan bagaimana sebuah website terlihat. Apakah sebuah website menarik, enak dilihat, navigasi jelas, interaktif dan responsive. Memilih thema juga tidak bisa sembarangan. Pastikan tema yang anda ingin gunakan mendukung responsive sistem yang mobile friendly. Mengingat tingginya pengguna mobile phone dalam kegiatan berinternet.

Perhatikan pada bagian version thema, pastikan tema terupdate paling lambat 6 bulan terakhir. Ini penting diperhatikan untuk alasan security sistem website anda. Bila perlu baca komentar para pengguna di bagian review. Pilih tema yang sederhana dan tidak berat saat loading. Dalam membuat website anda bisa pilih tema gratisan ataupun berbayar, namun tetap harus memperhatikan point diatas.

6. Memiliki alokasi dana extra

Dari sekian panjang penjabaran namun anda belum juga merasa mampu untuk membuat website sendiri, maka saran terbaik kami adalah siapkan uang kemudian gunakan jasa pembuatan website. Jos.co.id hadir siap sebagai mitra anda dengan layanan website bergaransi. Konsultasikan dengan kami website seperti apa yang anda inginkan.

Demikianlah pemaparan dari kami terkait hal hal apa saja yang anda butuhkan dalam membuat website. Dengan niat dan rajin berlatih kami yakin anda akan mampu membangun website secara mandiri. Tidak ada alasan anda menunda membuat website mengingat begitu banyak manfaat website dalam membantu bisnis.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *