Fungsi SSL (Secure Socket Layer) Untuk Website

Fungsi SSL (Secure Socket Layer) Untuk Website

Fungsi SSL (Secure Socket Layer) Untuk Website

SSL (Secure Socket Layer) – Bagi para pengguna domain dan hosting, apakah pernah mendengar atau pernah mengetahui tentang SSL? SSL bukan sesuatu yang banyak dimengerti atau didengar di masyarakat khususnya bagi para pengguna domain dan hosting. Lantas apakah yang dimaksud dengan SSL?

 

Pengertian dan Fungsi SSL

Apa itu SSL?

SSL atau Secure Socket Layer merupakan cara untuk situs web membuat sambungan yang aman dengan browser web pengguna. Setiap kali seorang surfer sebuah website mengunjungi situs yang aman yang menggunakan teknologi SSL ini. SSL ini menciptakan sebuah link agar terenkripsi antara sesi browser dan web server. SSL adalah standar industri untuk komunikasi web yang aman dan digunakan untuk melindungi jutaan transaksi online setiap harinya.

 

Lantas Apakah yang Dimaksud dengan Sertifikat SSL?

Web server harus memiliki sertifikat SSL sebelum dapat membuat koneksi SSL. Ketika seseorang mengaktifkan protokol SSL di server web mereka, mereka diminta untuk menjawab pertanyaan yang akan membangun identitas mereka. Pertanyaan meminta informasi tentang kedua situs dan perusahaan. Setelah sertifikat SSL yang diminta, server web menciptakan dua kunci kriptografi, satu adalah kunci pribadi dan yang lainnya adalah Kunci Publik. Tombol ini digunakan bersama dengan rumus enkripsi untuk menciptakan aman hubungan antara web server dan sesi browser.

 

Mengapa Menggunakan SSL? Untuk Men-enkripsi Informasi Sensitive.

Alasan utama mengapa menggunakan SSL adalah untuk menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui Internet dengan cara dienkripsi, sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut. Hal ini sangat penting, karena informasi yang kita kirimkan di Internet membutuhkan proses perjalanan dari komputer ke komputer sampai mencapai server tujuan. Komputer lain yang ada diantara Anda dan server dapat melihat nomor Kartu Kredit Anda, username dan passwords, dan informasi sensitive lainnya bila hal ini tidak dienkripsi dengan Sertifikat SSL.

Ketika sertifikat SSL digunakan, informasi menjadi tidak dapat terbaca oleh siapapun kecuali ke server yang memang dituju saat mengirim informasi tersebut. Hal ini melindungi informasi tersebut dari hackers dan pencuri identitas.

 

Dari pengertian dan fungsi dari SSL diatas, apakah SSL sangat penting untuk digunakan dalam website? Menurut saya penggunaan SSL untuk website sangatlah penting. Selamat Mencoba 🙂

 

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat