Efisiensi Internet Marketing

Efisiensi Internet Marketing

Efisiensi Internet Marketing

Internet mempunyai kelebihan apa sih untuk perusahaan ternyata Internet memiliki potensi memasarkan brand perusahaan Anda supaya menjadi besar. Membangun dan sekaligus mempertahankan brand bisnis Anda secara online, semakin mudah diterapkan dewasa ini.

Namun pastinya persaingan menjadi batu halangan di setiap persaingan pasar. Apalagi dengan padatnya informasi yang beredar di internet, orang-orang sekarang punya kendali terhadap apa yang mereka lihat.

Contoh dari distribusi informasi melalui internet yang sangat terstruktur, adalah iklan Google AdSense, yang sangat subjektif dalam menargetkan iklan langsung pada pasar produk itu sendiri, namun nyatanya menurut saya hasilnya cenderung sama saja.

Disisi lain, memasarkan produk dan jasa secara online langsung pada konsumen potensial kini menjadi kian sulit, terlebih peraturan SEO yang ketat dan peraturan baru dalam Google Policy yang mengharuskan kita untuk memasang iklan di Google Adsense jika memang ingin terpampang di halaman pertama search engine.

Terlebih jika website kita tidak memiliki konten yang banyak karena kebijakan perusahaan dalam membatasi ruang konten bagi publik.

Sebagai contoh website yang menggunakan blog untuk mendukung website.

Saya tidak menjelaskan media apa saja yang cocok untuk digunakan, namun yang akan saya deskripsikan lebih ke rencana dan target dalam efisiensi keuangan dalam pemasaran online.

Targetkan Pasar Spesifik

Strategi marketing Anda tidak akan pernah berhasil jika Anda tidak memilih pasar yang tepat. Untuk itu, sebelum melakukan strategi pemasaran, tentukan target pasar Anda terlebih dahulu.

Ada kalanya kita harus membayar pihak ketiga untuk menentukan keyword dan target yang tepat.

Namun, sebenarnya hal tersebut tidak sulit. Jika Anda benar-benar tahu produk anda, Anda sudah pasti mampu untuk menentukan target pasar Anda sendiri, bahkan sebelum perencanaan bisnis anda dibuat.

Contoh-contoh pertanyaan yang mungkin muncul adalah seperti:

  • Siapa yang paling berminat dengan produk dan jasa Anda?
  • Laki-laki atau perempuan?
  • Ada di rentang usia berapakah mereka?
  • Bagaimana kondisi keuangan mereka?
  • Dan lain-lain.

Setelah Anda mendapatkan profil spesifik dari konsumen Anda, tentukan bagaimana dan dimana Anda dapat menemukan mereka.

Ya, proses ini butuh waktu. Terkadang Anda akan menemukan pola yang tepat setelah ukuran tahunan dalam proses marketing website Anda.

Namun semakin cepat, semakin baik. Jangan sampai uang Anda keluar untuk calon konsumen yang tidak berada pada spesifikasi pasar yang Anda tentukan sebelumnya.

Tentukan Pencapaian Anda

Tentukan apa yang Anda inginkan dari proses marketing online ini.

Meningkatnya omzet perusahaan? Atau cukup produk atau jasa anda dikenali masyarakat?

Meskipun Anda mungkin akan memiliki beberapa target pencapaian yang diinginkan, namun terus awasi target Anda sehingga Anda dapat mengukur kesuksesan Anda.

Saat Anda berhasil mencapai target awal contohnya, buat target baru sehingga perusahaan Anda dapat terus berkembang.

Pasarkan Nama Perusahaan

Tinggikan nilai perusahaan, tinggalkan kompetitor Anda.

Secara psikologi, brand perusahaan yang terkenal akan lebih dipercaya dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari pada produk yang kurang dikenali.

Ada ribuan perusahaan yang ingin menjual produk mereka di internet. Dan Anda harus dapat membuat brand Anda sulit untuk dilupakan.

Tentu saja ini bukan perkara yang mudah.

Namun ada beberapa cara, seperti pada pemilihan nama domain websiteAnda, pilihlah yang memang benar-benar nama perusahaan Anda jika bisa.

Bahkan Anda harus pikirkan kembali jika ada nama domain yang mirip dengan domain yang Anda pilih, terlebih jika domain tersebut adalah kompetitor Anda.

Bagaimana Anda ingin brand Anda muncul di mata konsumen anda, semua itu kembali kepada Anda. Namun, saat Anda menemukan cara yang efektif sejalan dengan waktu, pertahankan metode tersebut.

Dengan memiliki website professional dan jaringan media sosial yang luas memang akan sangat membantu Anda.

Namun Anda juga harus terus memasarkan produk dan jasa Anda untuk konsumen-konsumen potensial yang bahkan belum mendengar nama perusahaan Anda.

Pemasaran dengan cara ini sangat manual sekali sehingga tidak membutuhkan biaya yang signifikan.

Search Engine Optimization

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, kebijakan dari Google di satu sisi membuat persaingan yang sehat, namun akan berdampak merugikan untuk website-website yang tidak memiliki konten yang besar dikarenakan kebijakan perusahaan.

Namun jika Anda tidak memiliki kendala ini, optimasi search engine melalui on-site dan off-site akan sangat berpengaruh pada traffic ke website Anda.

Pastinya Anda ingin perusahaan anda muncul di halaman pertama mesin pencari bukan?


Comments

  1. […] metode konvensional. Agar penjualan produk Anda semakin meningkat, Anda perlu melakukan teknik internet marketing yang tepat. Bagaimana teknik internet marketing yang tepat? Mari kita Belajar teknik internet […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *