Cara Optimasi Konten Artikel Website Agar SEO Friendly

Cara Optimasi Konten Artikel Website Agar SEO Friendly

Optimasi sering kali diartikan sebagai salah satu teknik untuk membuat keadaan atau sesuatu yang sedang dikerjakan menjadi lebih baik (optimal), sama halnya dengan pembuatan konten artikel yang membutuhkan keahlian dan teknik tersendiri sehinga hasilnya bisa benar-benar berkualitas. Website atau blog profesional sudah tentu akan mempertimbangkan dengan matang seperti apa cara-cara terbaik melakukan optimasi artikel di mesin pencari agar lebih optimal.

Buatlah Konten Website yang Quality Oriented

Agar website dan blog kita ramah terhadap mesin pencari atau search engine. Maka buatlah artikel yang bermanfaat bagi orang banyak yang memiliki sifat Quality Oriented. Quality oriented disini maksudnya adalah memiliki orientasi pada kualitas bukan kuantitas. Demi terwujudnya artikel yang berkualitas biasanya artikel-artikel tersebut ditulis oleh orang-orang yang memang ahli dibidangnya. Oleh karena itu maka buatlah artikel sesuai dengan keahlian yang anda miliki. Seperti contoh, jika anda seorang perawat maka menulislah tentang artikel yang bertema keperawatan. Jika anda seorang dokter maka tulislah sebuah artikel yang bertemakan dunia kedokteran.

Dengan kita menulis artikel yang memang temanya sangat kita kuasai, maka tentunya kita akan bisa menulis artikel tersebut dengan pembahasan yang sangat dalam, karena kita memang ahli dibidangnya. Dan juga jika nanti ada orang yang berkomentar dan bertanya perihal kejelasan pada postingan anda itu, maka anda tidak gelagapan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pengunjung website anda karena anda memang sdah ahli pada bidang tersebut.

Buatlah Judul Artikel Semenarik Mungkin

Judul Artikel adalah merupakan perwakilan secara komprehensif dari keseluruhan konten artikel yang anda tulis, oleh karena itu maka buatlah judul artikel anda dengan menggunakan kata-kata ataupun kalimat yang bisa menarik minat calon pembaca anda tanpa menghilangkan esensi dari artikel anda. Sebagai contoh gambaran, anggap saja posisi anda itu adalah sebagai seorang pembaca. Anda akan merasa penasaran untuk melakukan klik terhadap judul artikel yang seperti apa? Judul Artikel itu sangat penting, jadi buatlah Judul Artikel anda semenarik mungkin sehingga bisa merangsang rasa penasaran para pembaca anda untuk melanjutkan mengklik link menuju halaman artikel anda.

Buatlah Konten Artikel Anda Relevan Dengan Judul Artikel

Jangan buat pembaca artikel anda kecewa dengan isi artikel diwebsite dan blog anda. Untuk itu buatlah Konten Artikel itu relevan dengan Judul Artikel. Artinya antara Konten Artikel dengan Judul Artikel anda itu harus memiliki keterhubungan satu sama lain alias nyambung. Banyangkan jika ada seseorang mengklik Judul Artikel anda, lalu setelah dibacanya lebih lanjut tentang konten artikel anda tersebut ternyata jauh melenceng dari judul artikel yang anda buat tadi. Tentunya hal ini akan mengecewakan ekspektasi mereka terhadap artikel anda. Bisa jadi karena antara Judul Artikel dengan Konten Artikel anda tidak memiliki relevansi diantara keduanya, maka para pembaca akan menjudge anda sebagai penulis artikel yang tidak profesional. Tentunya anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? karena hal ini akan mempengaruhi citra anda didepan para pengunjung website anda dan blogger lainnya. Dan hal ini akan berpengaruh buruk pada traffic website dan blog anda pastinya.

Buatlah Konten Artikel Anda Menjadi Jawaban Permasalahan

Orang yang sedang browsing melalui internet tentunya mereka memiliki alasan. Pada dewasa ini sudah jadi kebiasaan orang jika ada sesuatu yang tidak mereka ketahui, biasanya larinya ke mesin pencari atau search engine. Ketika mendengar istilah mesin pencari atau search engine ini, yang muncul divisual kebanyakan orang biasanya adalah identiknya dengan google, karena search engine ini adalah mesin pencari paling terkenal didunia saat ini. Sehingga orang-orang mengidentikkan mesin pencari atau search engine itu dengan google sampai-sampai muncul istilah googling.

Dengan adanya mesin pencari ini, maka seluruh permasalahan yang sedang dihadapi orang bisa dicari solusinya melalui mesin pencari ini. Bahkan sampai-sampai ada peribahasa “google punya segalanya” karena setiap kita cari jawaban dari suatu permasalahan, google selalu memiliki solusinya.

Dengan adanya mesin pencari ini maka anda sebagai blogger sejati memiliki kesempatan ngeshare pengalaman anda dan pengetahuan anda dengan mamanfaatkan fasilitas dari mesin pencari ini. Oleh karena itu buatlah konten artikel anda itu menjadi jawaban dari banyak pertanyaan yang sedang dicari orang yang sedang browsing diinternet. Jika konten artikel anda bisa menjawab segala permasalahan yang sedang mereka hadapi, tentunya traffic website anda nantinya akan meningkat dengan sendirinya secara significant.

Buatlah List Sub Judul Yang Relevan

Agar artikel postingan di website dan blog anda itu nantinya bisa memberi kesan pembahasannya sangat dalam dimata para pembaca. Maka buatlah artikel anda menjadi bagian-bagian bahasan yang lebih sempit dan detail lagi dengan membuat List daftar Sub Judul. Dengan adanya sub judul tersebut maka materi artikel anda tentunya akan menjadi lebih spesifik dan lebih detail lagi dalam pembahasannya. Hal ini nantinya akan bisa memberi kesan bahwa artikel anda itu isinya padat berisi dan komplit. Hal ini pun nantinya akan membentuk image anda dimata para pembaca, bahwa anda memang sangat profesional dibidang tersebut sehingga bisa tahu masalah tersebut dengan sangat detail sekali. Namun harus diingat bahwa Sub judul itu harus relevan dengan judul artikel yang sedang dibahas, artinya antara judul artikel dengan sub judul harus ada keterkaitan dan berhubungan satu sama lain alias nyambung.

Berdasarkan kabar terbaru yang saya dapatkan dari para blogger bahwa kini google sedang meningkatkan hasil pencariannya berdasarkan pemahaman list daftar dari konten yang relevan. Pembagian artikel kedalam sub judul-sub judul ini nantinya akan bermanfaat bagi mesin pencari dalam mendefinisikan dan memahami konten-konten yang ada diwebsite anda nantinya. Bahkan bukan hanya mesin pencari, user pengguna yang membaca artikel anda pun nantinya akan sangat terbantu sekali dalam memahami artikel-artikel anda, jika didalam sebuah artikel anda memang terdapat sub judul-sub judul pembahasannya.

Sajikan Artikel Dengan Ejaan Tata Bahasa Yang Benar

Para blogger ketika sedang menulis artikel biasanya memiliki style dan gaya uniknya masing-masing dalam menyajikan artikelnya. Sebetulnya hal ini syah-syah saja dan ini memberikan pengalaman unik tersendiri bagi para pembacanya. Meskipun dalam penyajiannya menggunakan kata-kata gaul khas anak muda, dimana kadang ada bahasa yang tidak baku yang belum tentu bisa dimengerti oleh  semua kalangan. Namun patut diingat, jika ketika anda mulai masuk ke isi materi artikel, maka gunakanlah istilah-istilahtersebut dengan menggunakan ejaan bahasa baku yang benar agar nantinya mesin pencari tidak kebingungan menterjemahkan isi artikel anda. Karena tentunya mesin pencari ini akan menterjemahkan seluruh konten artikel yang ada pada website anda berdasarkan bahasa baku standard yang sudah umum dipakai. Dan agar para pembaca pun nantinya tidak mengalami missunderstood terhadap artikel yang anda sajikan.

Sajikan Artikel Dengan Bahasa Yang Bisa Di Mengerti Manusia

Ketika anda sedang menulis artikel tentunya anda menginginkan agar artikel anda itu bisa dibaca oleh sebanyak-banyaknya orang yang ada diinternet. Agar hal ini bisa terwujud, maka selain anda menggunakan ejaan tata bahasa yang benar pada artikel anda, maka anda pun harus menyajikan artikel anda tersebut dengan bahasa-bahasa yang bisa dimengerti oleh manusia.  Anda bisa bayangkan, sebagaimana pun bagusnya konten isi artikel anda jika tidak disampaikan dengan bahasa yang bisa dimengerti oleh manusia, maka tentunya artikel anda itu akan sepi dari pengunjung. Oleh karena itu maka tulislah artikel anda dengan menggunakan bahasa yang bisa dimengerti oleh manusia agar nantinya para pembaca yang mengunjungi website anda tersebut menjadi betah dan  berlama-lama singgah di website dan blog anda itu karena penasaran ingin membaca artikel-artikel anda yang lainnya.

Hindari Keyword Stuffing

Untuk agar website anda bisa tampil disetiap halaman pertama pencarian, tentunya hal ini memerlukan effort yang lebih ekstra lagi dari upaya anda. Anda harus melakukan pencarian keyword yang tepat untuk artikel anda tersebut. Namun meskipun anda memerlukan hal ini tidak serta merta harus membabi buta menabur kata kunci semaunya. Karena hal ini, selain tidak disukai oleh para pembaca anda nantinya, juga hal ini sangat tidak disukai oleh mesin pencari atau search engine. Oleh karena itu jangan gunakan Teknik SEO yang seperti ini, karena search engine apalagi google sangat membenci praktek-praktek yang semacam ini. Mereka tidak suka dengan konten yang hanya bertujuan mesin pencari saja.

Kebanyakan dari mesin pencari seperti contohnya mesin pencari google akan lebih menyukai konten yang informatif dan bermanfaat untuk penggunanya. Maka jika anda ingin memenangkan kompetisi agar tampil di halaman pertama mesin pencari search engine ini, maka tulislah artikel anda dengan mengalir dan hindari Keyword Stuffing atau menabur kata kunci secara membabi buta didalam artikel anda. Karena jika anda lakukan hal ini, selain nantinya tidak diprioritaskan oleh search engine, juga artikel anda nantinya secara kasat mata pun akan terlihat bahwa artikel anda tidak alamiah dan hal ini akan memperburuk image profesionalisme anda dimata para pengunjung website anda . Sehingga lambat laun para pembaca akan lari tunggang langgang meninggalkan website anda secara berjama’ah ataupun massal.


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat