Website seringkali tidak aman. Tidak aman disini dalam artian sering terjadinya hacker. Nah serangan terhadap website ini bukan hal asing lagi bagi kita. Sudah banyak yang menjadi korban hacker. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk menjaga keamanan website dari serangan hacker yang selalu menghantui.

  1. Perkuat Tingkat Keamanan Jaringan

Menggunakan komputer di kantor memang tidak bisa selalu aman, karena 1 komputer bisa saja digunakan oleh banyak orang. Itu sebabnya penting bagi kita untuk menyediakan rute akses yang mudah ke server website, seperti:

  • Login yang akan langsung berakhir ketika periode penggunaan sudah tidak aktif
  • Sandi yang sering diubah
  • Sandi yang kuat dan tidak pernah dibuat sebelumnya
  • Semua perangkat yang terhubung ke jaringan harus discan dari malware setiap kali mereka terpasang.
  1. Batasi Penyebaran Informasi Sensitif

Terkadang kita tidak bisa menghindari penyebaran informasi-informasi sensitif yang kita miliki, misalnya username dan password untuk login ke cPanel dan lain sebagainya.  Informasi-informasi semacam ini suka tidak suka, terpaksa harus kita berikan kepada rekan kerja kita misalnya.  Batasi jumlah orang yang mengetahui informasi semacam ini, dan jangan sebarluaskan jika memang bisa.

Untuk login ke website perusahaan Anda misalnya, sebisa mungkin setiap staff memiliki username dan password mereka masing-masing (dan jangan gunakan 1 username dan password secara bersama-sama).  Jika staff bersangkutan sudah tidak lagi bekerja di perusahaan Anda, segera ganti password nya dan atau non-aktifkan account staff tersebut sehingga Anda tetap bisa menjamin keamanan website perusahaan Anda.

  1. Pasang Firewall Pada Website

Memasang Web Application Firewall dapat menjadi salah satu pelindung website. Firewall akan membuat ketetapan antara server website dan koneksi data, serta membaca setiap bit data yang melewatinya. Sebagian besar firewall modern berbasis cloud dan disediakan sebagai layanan plug and play. Pada dasarnya layanan cloud ditempatkan di depan server kita, dimana ia berfungsi sebagai gateway untuk semua lalu lintas yang masuk. Setelah terinstal, aplikasi web firewall menyediakan sebuah tameng yang akan memblokir semua upaya para hacker dan juga menyaring berbagai jenis lalu lintas yang tidak diiginkan, seperti spammer dan bot berbahaya.

  1. Gunakan Server Hosting yang Aman

Seberapa jauh keamanan website Anda juga ditentukan oleh seberapa kuat tingkat keamanan server hosting yang Anda gunakan.  Server hosting yang tidak mudah dijebol hacker tentu akan lebih aman ketimbang server hosting yang mudah disusupi hacker/malware/virus dll.

Idwebhost adalah salah satu layanan web hosting yang memiliki server dengan tingkat keamanan yang tinggi. Selain itu, tentunya Idwebhost juga dilengkapi dengan berbagai bentuk pengamanan-pengamananan lainnya. Mereka juga memiliki server dengan kecepatan stabil, aman, dan cepat.

  1. Menggunakan SSL

Salah satu fitur keamanan yang paling sering dan banyak digunakan oleh website – website perusahaan adalah SSL. Gunakan protokol SSL yang terenskripsi untuk mentransfer informasi pribadi pengguna antara website dan database Anda. Ini akan membantu untuk mencegah informasi yang sedang dibaca dalam perjalanan dan akses tanpa otoritas yang tepat. Sehingga akan sulit bagi hacker untuk masuk ke dalam website tersebut.

Idwebhost juga memiliki layanan SSL yang dapat membuat website Anda menjadi lebih aman dan cocok dengan semua browser utama. Selain itu, dari semua paket SSL yang ditawarkan juga disertakan fitur tambahan seperti dapat meningkatkan peringkat pencarian di Google, jaminan 30 hari uang kembali, hingga enkripsi SHA-2 dan 2048-bit yang terkuat di pasaran. Segera daftarkan website Anda di Idwebhost untuk mendapat layanan keamanan terbaik.