Cara Belajar Web Programming #1

Cara Belajar Web Programming #1

CARA BELAJAR WEB PROGAMMING #1

Cara Belajar Web Programming – Untuk orang awam biasanya sangatlah buta dengan website, apalagi isi dari web progamming. Lantas bagaimana cara belajar web progamming? Yuk mari kita belajar bersama – sama mengenai web progamming ini. Simak ulasan berikut ini

Cara Belajar Web Progamming

Ingin belajar web programming, harus mulai dari mana?” Pertanyaan ini juga ada dipikiran saya sewaktu mulai belajar web programming, apakah mesti belajar algoritma dulu? HTML? PHP? atau apa? Juga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi web programmer yang ahli?

Saya akan mencoba menjawab semua pertanyaan ini berdasarkan pengalaman pribadi. Bagi rekan-rekan yang sudah lama ‘makan asam garam’ web programming, mungkin memiliki pendapat berbeda, silahkan tinggalkan komentar di akhir artikel… 🙂


Saya ingin mempelajari web programming, harus memulai dari mana?

Jawaban singkatnya: mulai dari HTML.

HTML adalah inti dari seluruh halaman web. Sangat mustahil untuk membuat website tanpa memiliki dasar pengetahuan tentang HTML. Untungnya, HTML juga sangat mudah dipelajari. Anda tidak perlu memiliki dasar programming atau pengetahuan tentang algoritma apapun. Satu-satunya kemampuan yang dibutuhkan adalah anda sudah cukup familiar dengan cara penggunaan web browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Duniailkom telah menyediakan tutorial dasar dan tutorial lanjutan seputar HTML. Anda bisa memulainya di sini: Tutorial Belajar HTML Dasar untuk Pemula.

Apabila ‘serius’ ingin mendalami HTML, duniailkom telah menyediakan eBook khusus yang membahas hampir seluruh materi dasar seputar HTML. Mulai dari dasar HTML, hingga materi HTML5 seperti form validation, tag <audio>, tag <video> dan <canvas>. Penjelasan lebih lanjut bisa ke HTML Uncover.

Setelah HTML, lanjut kemana?

Jika anda sudah menguasai HTML (minimal dasar-dasar HTML), bisa memilih antara CSS atau PHP. Apabila berminat dengan web design, silahkan lanjut mempelajari CSS. Apabila anda ingin membuat aplikasi web seperti pemrosesan form, menyimpan data ke database, membuat laporan, dll bisa lanjut ke PHP.

Saya pribadi lebih menyarankan untuk lanjut ke CSS. Dengan demikian, akan memiliki dasar yang pas dan bisa memahami bagaimana cara membuat tampilan website dan mempercantik desain halaman web.

Sama seperti HTML, CSS juga tidak membutuhkan pengetahuan apapun terkait programming. Baik CSS maupun HTML sebenarnya bukanlah sebuah ‘bahasa pemrograman’. Keduanya adalah bahasa struktur yang terdiri dari perintah-perintah sederhana (walaupun CSS mungkin ‘sedikit’ lebih rumit daripada HTML).

Duniailkom juga sudah menyediakan Tutorial CSS dasar yang bisa menjadi panduan untuk memulai belajar CSS.

Saat ini sudah tersedia eBook CSS Uncover. Pembahasan tentang dasar-dasar CSS akan dibahas dengan lengkap, mulai dari dasar penulisan CSS hingga CSS3. Termasuk cara membuat halaman web responsive yang sudah menjadi standar web design saat ini.

Web Programming dengan PHP

Berikutnya, setelah mempelajari HTML dan CSS, anda bisa lanjut ke PHP. Berbeda dengan HTML dan CSS, PHP ‘murni’ sebuah bahasa pemrograman komputer. HTML dan CSS sendiri belum bisa dikatakan bahasa pemrograman, tapi lebih ke bahasa kode. Di PHP inilah web programming yang sebenarnya.

PHP digunakan untuk membuat ‘program’ dari sebuah website. Mulai dari mengatur alur logika, memproses hasil form HTML, hingga berkomunikasi dengan database seperti MySQL. Jika anda membuat sebuah website modern, 80% waktu akan anda habiskan membuat kode program PHP, terutama website kaya fitur seperti sistem informasi, ujian online, portal berita, dll.

Untuk dapat mempelajari PHP, sebaiknya punya dasar-dasar programming. Walaupun begitu, Duniailkom telah menyediakan tutorial PHP dasar untuk pemula yang dilengkapi langkah-langkah dari awal, sehingga anda bisa mempelajari PHP walaupun tidak memiliki dasar programming.

Untuk materi PHP yang lebih lengkap, duniailkom telah menyediakan eBook PHP Uncover. Dalam buku ini akan dibahas konsep dasar pemrograman PHP hingga studi kasus membuat aplikasi sistem informasi sederhana / aplikasi CRUD.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat