Berhenti jadi Guru, hasilkan Rp 13.2 M dari Bisnis Online

Sepasang suami-istri di Amerika Serikat (AS) memlih untuk berhenti dari pekerjaannya sebagai seorang guru. Mereka memilih untuk menjalankan bisnis online dan mendapatkan passive income (pendapatan pasif) hingga USD1 juta per tahun atau setara dengan Rp13,2 miliar (kurs Rp13.200 per USD).

Pasangan tersebut adalah Shane (38) dan Jocelyn Sams (36). Sebelumnya, keduanya adalah seorang guru di daerah Kentucky, AS dengan penghasilan masing-masing USD38 ribu per tahun atau total keduanya sebesar USD76 ribu per tahun. Shane adalah seorang guru IPS di sebuah SMA dan pelatih sepak bola. Sedangkan istrinya, Jocelyn adalah seorang pustakawan di sebuah SD.

Dengan pekerjaan yang mereka miliki, lantas tak membuat pasangan yang memiliki seorang putra dan putri ini merasa puas. Pasalnya mereka merasa banyak waktu yang tersita untuk orang lain namun hanya sedikit waktu untuk anak-anak mereka.

“Orang-orang berpikir bahwa guru memiliki beberapa kebebasan, tapi sebenarnya guru bekerja 12-14 jam sehari serta ada pertemuan tambahan. Ini semacam seperti Anda terjebak dalam jadwal sekolah. Ketika lonceng berdering, Anda hanya dapat mengambil waktu istirahat untuk ke kamar mandi,” ujar Shane, seperti dikutip dari Forbes.

 [Baca juga: Minutes Barber, Tukang Cukur via Aplikasi]

Selain itu, Shane menyatakan menjadi seorang guru tak berpeluang bagi mereka untuk menghasilkan lebih banyak uang, kecuali salah satu dari mereka menjadi kepala sekolah. Tentunya tak mudah untuk mendapatkan posisi tersebut.

Shane pun mulai mencari cara baru untuk menghasilkan uang secara online. Saat itulah ia menemukan Pat Flynn, salah satu website Smart Passive Income, sebuah website yang membantu orang belajar bagaimana membuat pendapatan secara online.

“Uang pertama yang pernah kami hasilkan adalah 11 sen,” kenang Shane.

Hingga pada akhirnya pada Juli 2013 lalu, dalam waktu satu bulan pasangan ini mampu meraih pendapatan USD15 ribu, kemudian pada bulan selanjutnya penghasilan mereka meningkat menjadi USD36 ribu.

“Kami pikir, jika dalam sebulan dapat menghasilkan sebanyak ini ketika kami masih bekerja, lalu apa yang akan kita hasilkan jika kita fokus pada bisnis ini?” ujar Shane.

Mereka pun memilih untuk melakukan lompatan. Berhenti menjadi seorang guru dan bekerja penuh waktu di ruang bisnis online. Melalui website buatan mereka, Shane dan Jocelyn menjual e-book dan kursus kepada pelanggannya. Di antaranya Jocelyn menjual bentuk rencana pelajaran bagi pustakawan sekolah dasar.

Dengan bisnis tersebut Shane dan Jocelyn tak hanya memiliki waktu yang banyak untuk anak-anak mereka, namun juga memiliki pendapatan yang jauh lebih tinggi dari penghasilan sebelumnya sebagai seorang guru.

Sepanjang 2013 hingga 2015, pasangan ini telah memperoleh USD1 juta. Pada 2015, rata-rata pendapatan mereka sebesar USD40 ribu per bulan. Sedangkan untuk tahun ini, rata-rata pendapatan mereka mencapai USD50 ribu per bulan. Angka ini terus tumbuh sangat cepat sehingga mereka membidik untuk mendapatkan US1 juta pada akhir tahun ini.

Saat ini, Shane dan Jocelyn aktif di tiga situs pendapatan pasif, yaitu ElementaryLibrarian.com, UShistoryteachers.com, dan FlippedLifestyle.com. Dalam situs tersebut mereka juga mengajarkan orang lain untuk mendapatkan uang secara online.(rai)

Info : http://economy.okezone.com/read/2016/04/05/320/1355000/jurus-kaya-berhenti-jadi-guru-hasilkan-rp13-2-miliar-dari-bisnis-online


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *