Begini Cara Menulis Artikel Berkualitas #1

Begini Cara Menulis Artikel Berkualitas #1

BEGINI CARA MENULIAS ARTIKEL BERKUALITAS #1

Begini Cara Menulis Artikel Berkualitas -Kegiatan membuat artikel sebenarnya susah-susah gampang. Gampang karena tinggal mengetikkan sesuatu yang ada dalam pikiran Anda, nah yang susah adalah membuat artikel yang menarik untuk para pembaca.

Begini Cara Menulis Artikel Berkualitas

Banyak orang yang belajar membuat artikel seo-friendly. Padahal, sesungguhnya teknik ini sudahlah usang untuk membuat artikel yang bisa langsung masuk ke halaman 1 di google search.

Jadi, mereka sering bertanya. Membuat artikel untuk manusia atau untuk mesin pencari?

Tentu saja kita harus membuat artikel untuk Manusia. Bukan Robot mesin pencari. Dengan membuat artikel selengkap mungkin dan seakurat mungkin bagi pembacamu, Yakinlah bahwa artikel yang kamu buat akan bisa bersaing di halaman 1 google.

Lalu, Bagaimana tata cara menulis artikel yang baik?

1. Lupakan SEO

Loh… Kenapa dilupakan? Bukankah SEO itu penting?

Tentu penting, tapi dalam menulis artikel bagi manusia, yang dibutuhkan adalah keakuratan sebuah informasi di dalam artikel yang kamu buat. Bukan SEO.

seo 3245626 640 - 8 Tahap Cara Menulis Artikel Yang Baik Agar Masuk Peringkat 1 di Google
Ilustrasi SEO. Foto: pixabay.com

Era saat ini, algoritma Google sudah semakin canggih. kita tidak bisa lagi menggunakan cara jadul untuk membuat sebuah artikel.

Jika Dulu..

Kita membuat artikel minimal panjang 300 kata, mementingkan keyword density, Bold, underline, keyword di judul, keyword di paragraf awal, tengah dan akhir serta menggunakan sub-header, cara ini sudah tidak berlaku.

Sekarang…

Menulislah dengan “Lepas”. Arti lepas disini adalah, Lupakan semua kaidah seo dalam menulis sebuah artikel. Isi artikel kamu dari isi kepalamu dengan memanfaatkan sumber-sumber akurat di internet.

Google Lebih Pintar

Google meningkatkan satu posisi website di mesin pencari dengan mengumpulkan banyak data. Salah satunya berapa lama durasi seseorang untuk membaca artikel yang kita buat. Semakin lama semakin bagus. Jumlah sharing ke sosial media juga menjadi penilaian oleh google.

Dengan memanfaatkan data-data tersebut, Google dapat menentukan posisi website kita di mesin pencari.

2. Pahami Pembacamu

digital marketing 1725340 640 - 8 Tahap Cara Menulis Artikel Yang Baik Agar Masuk Peringkat 1 di Google
Ilustrasi. Foto: pixabay.com

Apa maksud dari pahami pembaca?.

Maksudnya adalah, pahami siapa pembaca artikel di website kamu. Seperti umur, gender, lokasi, pengguna, perangkat, tingkat kepuasan terhadap artikel yang sudah kamu buat dan lain sebagainya.

Bagaimana cara saya memahaminya?.

Cara paling gampang memahami audience (pembaca) kamu adalah dengan Google Analytics. Dengan tools tersebut, kamu bisa memonitoring setiap aktifitas yang terjadi di website kamu.

Seperti catatan umur pembaca, gender pria atau wanita, lokasi, traffik, tingkat kepuasan dan banyak lagi yang bisa kamu ketahui tentang pembacamu dengan hanya menggunakan tools online ini.

Apakah memahami pembaca penting?

Sangat penting!.. Memahami siapa pembaca kamu akan berdampak pada tata cara menulis artikel untuk website atau blog kamu.

Misalnya..

Jika audince (pembaca) kamu berumur 40-60 tahun, Maka tata bahasa yang kamu gunakan di artikel haruslah menyesuaikan. Jangan gunakan istilah-istilah anak muda yang tidak dimengerti oleh orang tua.

Begitu pula sebaliknya.

3. Gunakan Bahasa Yang Santai

Menggunakan bahasa yang santai boleh. Tapi tetap terarah dan tidak bertele-tele.

Penggunaan gaya bahasa yang santai pada dasarnya bisa masuk ke semua orang. termaksud untuk remaja, dewasa hingga orang tua.

Namun faktanya, tidak semua orang bisa menerapkan gaya bahasa yang santai ini.

Rumus menulis yang benar menurut bahasa indonesia sudah ketinggalan jaman untuk kita terapkan saat ini di ranah industri online. Contohnya lihat gambar dibawah.

Paragraf panjang vs pendek - 8 Tahap Cara Menulis Artikel Yang Baik Agar Masuk Peringkat 1 di Google
Ilustrasi paragraf. foto: panduanim.com

Menurut kamu, mana yang paling mudah dan tidak membosankan untuk di baca? Silahkan nilai sendiri.

Menggunakan kata yang panjang dalam satu paragraf sepertinya adalah teknik yang ‘usang’. Jangankan pembaca, kita sendiri pun membacanya malas dan sakit mata.

4. Gunakan Media Pendukung

Era sekarang, seseorang bahkan bisa menghabiskan waktu seharian penuh hanya untuk brosing melihat-lihat foto interaktif dan menonton video.

Oleh karena itu, media pendukung seperti foto, infografis dan video sangat membantu anda untuk meningkatkan kualitas sebuah tulisan kamu di mata pembaca.

Perjalanan Traveloka Infografis 1 754x1024 - 8 Tahap Cara Menulis Artikel Yang Baik Agar Masuk Peringkat 1 di Google
Infografis CEO Traveloka. Oleh: Tech In Asia Indonesia

Infografis diatas saya ambil dari artikel yang di tulis di Tech In Asia Indonesia dengan judul berita Traveloka: Sejarah Lahirnya Sebuah Unicorn.

Dengan media interaktif seperti foto, video atau infografis. Maka artikel yang kamu buat tidak akan membosankan si pembaca.

Apalagi..

Media interaktif yang kamu buat mampu menarik perhatian si pembaca, sudah pasti ia tidak akan berpikir dua kali untuk membagikannya ke sosial medianya dan merekomendasi ke teman-temannya.

Dimana saya bisa menemukan media pendukung?

Internet adalah sumber yang tidak terbatas. Banyak tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menemukan media-media pendukung untuk tulisan kamu. Beberapa diantaranya ada dibawah ini.

  1. Google Images
  2. Pixabay.com
  3. Freepik.com
  4. Dan banyak lagi

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

 


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat