Bagaimana Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dalam Bisnis Online

Meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam bisnis online – berbagi tips

Berbisnis baik online maupun offline tidak bisa lepas dari yang namanya konsumen. Konsumen adalah pengguna atau orang orang yang menggunakan produk maupun jasa kita. Konsumen akan meningkat statusnya menjadi pelanggan apabila telah melakukan transaksi lebih dari sekali dalam bisnis kita.

Untuk mendapatkan konsumen atau meningkatkan kepercayaan pelanggan, tidak bisa lepas dari keuletan pelaku usaha. Setiap bidang usaha memiliki metode nya tersendiri. Jadi jangan pernah takut untuk trial and error sebelum formula promosi yang tepat anda dapatkan.

Pada artikel ini bersama sama kita susuri faktor – faktor penting untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan pada bisnis online.

Bisnis online telah menjadi trend kegiatan usaha saat ini. Dunia bisnis online erat hubungannya dengan isu kegiatan “scam”, penipuan dan berbagai kegiatan yang tidak jujur lainnya. Di indonesia bisnis online telah menjamur. Laporan akan penipuan bisnis online pun tidak sedikit. Berkaca dari pengalaman inilah masyarakat makin selektif dan jeli dalam memilih bisnis online sebelum bertransaksi. Jika harus melakukan pembelian online maka mereka akan lebih memilih toko online yang sudah cukup terkenal dan ternama. Pembeli tidak akan berpikir panjang bertransaksi jika profil perusahaannya jelas dan dipercaya. Orang akan cenderung melakukan transaksi kembali pada toko online yang sudah dikenalnya.

Jika anda adalah penggiat bisnis online yang ingin memiliki pelanggan setia. Berikut tips menarik bagaimana meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis online anda

  • Perhatikan barang/ jasa yang anda jual

Buatlah citra kalau bisnis anda layak untuk dipercaya. Barang maupun jasa yang anda jual harus disertakan dengan deskripsi yang jujur, jangan dibuat buat. Jika barang yang anda jual KW, sertakan keterangan bahwa yang dijual bukan aslinya. Dalam mendeskripsikan produk anda, baik dari warna, spesifikasi, kualitas bahan, ukuran, produksi harus rinci dan sesuai produknya. Jika ada pertanyaan dari konsumen terhadap barang/jasa anda pastikan anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik saat berinteraksi.

  • Kualitas gambar

Citra suatu bisnis online bisa terbentuk hanya karena kualitas foto yang ditampilkan. Kualitas foto bisa menjadi pertimbangan konsumen untuk memutuskan membeli. Jika gambar yang ditampilkan blur dengan warna yang kurang jelas bisa memunculkan kesan toko online yang asal asalan. Tampilkan foto secara detail, jika media online atau website anda mendukung untuk menampilkan detail produk itu lebih baik. Anda bisa gunakan foto yang diambil langsung dari website resmi penjual atau dari sumber lain. Pastikan gambar yang anda pakai tidak dibawah hak cipta.

  • Sistem yang mudah

Proses pemesanan yang berbelit dan banyak syarat bisa membuat konsumen enggan memesan. Sistem pembayaran yang rumit akan membuat orang enggan bertransaksi. Kurang baiknya pilihan sistem pengiriman juga bisa membuat orang tidak jadi bertransaksi. Keputusan pembelian tidak hanya karena faktor produk/jasa yang dijual namun sistem penggeraknya pun harus baik. Tidak ada satu orangpun yang suka dibuat ribet dan bertele tele bukan. Maka dari itu gunakanlah sistem pemesanan, pembayaran, konfirmasi dan pengiriman yang tidak berbelit dan mudah dimengerti.

  • Website dan akun media sosial yang profesional

Untuk mendapatkan konsumen dan meningkatkan pelanggan bisnis online, anda wajib menyertakan website profesional dan akun media sosial yang teroganisir. Profesionalitas website anda bisa dilihat dari domain yang digunakan, konten yang ditampilkan, navigasi yang jelas, serta terdapat alamat dan kontak yang bisa dihubungi. Bisnis online sangat erat kaitannya dengan media sosial, seperti facebook, instagram, youtube, twitter. Gunakan akun media sosial profesional sebagai media promosi dan komunikasi efektif dengan konsumen anda.

  • Testimoni dan informasi yang jelas

Testimony memiliki peran yang besar dalam membangun kepercayaan konsumen. Kumpulkanlah testimony pada halaman khusus yang mudah diaskses oleh konsumen. Dengan membaca testimony orang bisa melakukan penilaian terhadap usaha online anda apakah layak dipercaya atau tidak. Selain testimony secara online, bisa juga dilakukan testimony offline, informasi dari mulut ke mulut.

Pada bagian ini ditekankan kembali tentang informasi yang jelas. Selain kejelasan akan deskripsi produk, spesifikasi, fitur dan lainnya secara detail. Kelengkapan informasi juga bisa tambahkan dari media lain yang saling berhubungan. Website yang menampilkan review rekomendasi produk juga bisa mempengaruhi keputusan konsumen untuk bertransaksi.

  • Informasi kontak yang jelas

Pergunakanlah nomer telephone khusus yang digunakan untuk bisnis anda. Jangan terlalu sering menggonta ganti nomer telephone bisnis. Pastikan kontak yang tertera paataupun media sosial dapat dihubungi. Dalam beriteraksi biasakan berkomunikasi secara profesional. Letakan informasi kontak agar mudah dilihat oleh konsumen. Tambahkan alamat official jika diperlukan.

  • Membangun repotasi

Membangun repotasi tidak bisa sehari dua hari. Repotasi dibentuk melalui proses pelayanan dalam bisnis yang profesional dan berkelanjutan. Testimony dapat membantu membangun repotasi. Komentar burukpun tentu ada mengiringi pertumbuhan bisnis anda. Namun profesionalitas dan totalitas anda dalam pelayanan akan membawa citra bisnia online anda semakin baik dan baik lagi di masyarakat.

Kini giliran andalah untuk memutuskan mau menjalankan bisnis online anda seperti apa. Berbagai tips telah anda kantongi, saatnya untuk mengaplikasikannya pada kegiatan bisnia online anda. Mendapatkan  konsumen dan meningkatkan kepercayaan pelanggan pada bisnis online sangat penting. Karena jika konsumen tidak percaya maka tidak akan ada pelanggan. Jika pelanggan tidak ada maka tidak ada transaksi. Jika transaksi dan komunikasi sudah minim bahkan tidak ada komunikasi maka bukan bisnis lagi namanya.

Semangat berbisnis


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *