Apa Saja yang Dilakukan Dalam Kegiatan SEO?

Apa Saja yang Dilakukan Dalam Kegiatan SEO?

Apa Saja yang Dilakukan Dalam Kegiatan SEO?

Bila Anda membaca artikel saya sebelumnya, yaitu “200 Faktor yang Mempengaruhi Ranking Website di Google“, mungkin Anda akan muak atau takut mengerjakan kampanye SEO untuk website Anda karena terlihat rumit. Tidak harus seperti itu, mari kita buat lebih sederhana saja.

Di dalam strategi SEO, ada dua hal PENTING yang harus dikerjakan oleh seorang internet marketer, yaitu: SEO On Page dan SEO Off Page. Yuk kita bahas lebih jauh.

1. Apa Itu SEO On Page
Pengertian SEO On Page adalah sebuah upaya optimasi website yang dilakukan dari sisi website itu sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi yang dilakukan oleh seorang pemilik website/ webmaster dengan mendesain website yang SEO Friendly.

Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO On Page antara lain:

Riset keywords, baca artikel “Cara Riset Keywords Dengan Google Keyword Planner” untuk menemukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang paling relevan dengan niche website yang akan dibuat.
Membangun website dengan struktur yang baik, tampilannya menarik, dan load-nya cepat
Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
Menambahkan description yang relevan dengan website
Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens
Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly
Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4)
Mengatur navigasi website sebaik mungkin
Membangun internal links
Menambahkan keywords pada penamaan gambar/ image
Dan lain-lain
2. Apa Itu SEO Off Page
Pengertian SEO Off Page adalah upaya optimasi website yang dilakukan dari luar website yang dibangun. Sebuah halaman website yang SEO On Page nya sudah bagus perlu didukung dengan optimasi dari luar website itu sendiri.

Optimasi off page dilakukan dengan cara membangun links (backlinks) dari situs lain menuju website yang dioptimasi. Beberapa jenis links yang biasa dibangun untuk meningkatkan popularitas sebuah website di internet antara lain:

Links dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
Links dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
Links dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
Links dari situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)
Links dari kegiatan blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
Links dari website yang menerima guest blogger
Dan lain-lain


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat