1. WordPress

WordPress adalah platform blog yang awalnya lebih banyak dipakai buat nulis curhatan ketimbang dijadikan lapak online. Fitur utama WordPress yaitu:

– Gak perlu desain sendiri karena udah ada tema yang bisa dipilih

– Cara pakainya relatif ramah buat pengguna baru

– Tersedia dalam bahasa Indonesia

– Ada komunitas pemakai WordPress di Indonesia, jadi bisa tanya-tanya

Untuk menggunakan WordPress, kita harus mengunjungi WordPress.com dulu. Di sana tersedia panduan membuat situs gratisan dalam bahasa Indonesia.

WordPress juga nawarin fitur berbayar dalam layanannya. Tentunya dengan fitur berbayar itu tampilan situs toko online bisa lebih menarik dan fiturnya lebih komplet daripada yang gratisan.

2. Blogspot (Blogger)

Blogspot (Blogger) serupa dengan WordPress. Bisa dikatakan mereka berdua emang saingan karena banyak yang membandingkan keduanya secara langsung.

Fitur utama Blogspot sama kayak WordPress. Tapi soal keramahan buat pengguna baru, Blogspot lebih ramah.

Hanya, layanan yang ditawarkan lebih terbatas kalau dipakai buat toko online. Di Blogspot tema gak bisa diutak-atik sendiri karena sudah tersedia langsung. Kalau di WordPress kita bisa mengutak-atiknya.

 

website gratis untuk bisnis online

Serupa tapi tak sama, Blogspot lebih user friendly  

Untuk membuat toko online lewat Blogspot, kunjungi Blogger.com. DI laman utama tersedia panduan dalam bahasa Indonesia yang bakal membantu kita.

3. OSCommerce

Dibanding WordPress dan Blogspot, OSCommerce gak begitu terkenal di Indonesia. Memang situs ini khusus buat toko online, bukan buat curhat kayak dua situs di atas.

OSCommerce punya fitur utama berupa:

– Kemudahan dalam pembukaan situs

– Gampang menampilkan barang dagangan di situs lengkap dengan informasi yang dibutuhkan konsumen

– Ada komunitas pengguna yang aktif memberi tahu dan membantu kalau ada yang kesulitan dalam pemakaiannya

– Biaya pengiriman barang dan pajak bisa langsung dihitung lewat situs

Tapi, situs gratisan buat toko online ini kurang populer. Termasuk buat mesin pencari Google. Jadi, agak sulit bagi masyarakat buat nemuin produk yang dijual di OSCommerce.

 

website gratis untuk bisnis online

 

Untuk menggunakannya, langsung saja kunjungi OSCommerce.com. Tapi, hanya ada bahasa Inggris sebagai pengantarnya. Layanan tambahan yang lebih komplet tersedia tapi gak gratis.

4. Joomla

Joomla lumayan populer sebagai basis situs gratisan. Bahkan Joomla diklaim sebagai situs gratisan yang paling banyak digunakan di dunia.

Fitur utama Joomla adalah:

– Simpel dan gampang digunakan

– Fitur untuk tampilan relatif komplet

– Ada komunitas yang aktif di Indonesia

– Punya modul Virtuemart yang memudahkan dalam pembuatan toko online secara lengkap

Untuk menggunakannya buat toko online, kunjungi Joomla.org lalu download programnya. Setelah itu, tinggal ikuti panduan yang udah tersedia. Sayang, panduan baru tersedia dalam bahasa Inggris.

 

website gratis untuk bisnis online

Joomla diklaim sebagai situs yang paling banyak didwnload di seluruh dunia, makanya panduan hanya dalam bahasa inggris. 

Selain fitur gratisan, kita juga bisa menggunakan layanan yang berbayar. Tentunya dengan kompensasi fitur yang lebih komplet buat toko online.

5. Magento Commerce

Belum pernah dengar MagentoCommerce? Gak apa-apa, kamu gak sendirian. Tapi Magento cukup terkenal di luar. Buktinya, platform ini dapet penghargaan “Best New Open Source Project” setelah dirilis pada 2008.

Fitur utama Magento antara lain:

– Kaya fitur

– Punya banyak plugin tema yang tersedia gratis

– Komunitas aktif tersedia secara global

– Kalau mau pindah ke platform lain, ada alat yang efektif dan efisian mindah segala settingan, jadi gak berantakan di platform baru

Untuk memakai Magento, kita setidaknya harus punya sedikit pengetahuan tentang teknologi informatika. Soalnya emang agak rumit pemakaiannya. Ada layanan yang tersedia secara berbayar, jadi gak seluruhnya gratis.

 

website gratis untuk bisnis online

Untuk menggunakannya, akses MagentoCommerce.com dan download platformnya. Memang belum ada versi bahasa Indonesianya, tapi ada demo pemakaian Magento yang bisa kita akses setelah memberikan data di bagian Free Demo.

6. PrestaShop

PrestaShop pas diluncurkan pada 2007 khusus menargetkan pengusaha kecil dan menengah. Karena itulah pemakaian website gratis untuk bisnis online ini  cukup mudah buat pemula di bidang Internet.

Fitur utama PrestaShop di antaranya:

– Mudah digunakan

– Kaya fitur

– Loading relatif cepat

– Ada forum pengguna di Indonesia

PrestaShop ramah buat penggunanya. Untuk menggunakannya, kunjungi Prestashop.com dan download platformnya. Tapi gak ada versi bahasa Indonesia di situs gratisan ini.

Meski kaya fitur, kebanyakan template tersedia secara berbayar. Jadi kita harus ngulik buat cari versi yang gratis.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802